Home » Kehidupan » Membuat web (blog) itu gampang?

Membuat web (blog) itu gampang?

Slogan tulisan membuat web itu gampang banyak ditemukan di buku-buku tutorial. Benarkah? Bila sekedar membayar orang untuk membuatkan web atau blog untuk kita, slogan tulisan ini 100% benar. Namun lain halnya kalau kita sendiri yang membuatnya. Nampaknya perlu berpikir untuk tidak begitu saja mempercayai slogan ini. Tapi tidak berarti bahwa membuat web atau blog itu sulit. Dengan banyaknya program aplikasi untuk membuat web secara instan, baik yang ada di pasaran maupun yang gratisan di internet, dan dengan sedikit pengetahuan bahasa Inggris, sebenarnya hanya dalam waktu singkat sudah bisa membuat web.

Saat pengalaman pertama membuat web dan blog menggunakan Joomla dan WordPress, rasanya mudah saat mendaftar, membuat account, dan mensetting web, dengan mengikuti langkah demi langkah berbagai tutorial dari buku-buku dan internet. Tetapi begitu masuk ke pengisian content web atau blog dan editingnya, maka ………………mulailah pusing tujuh keliling. Apa yang mau ditulis? Apa yang mau ditampilkan? Untuk mengisi content web, bisa saja copy paste tulisan-tulisan dari web lain. Tapi disamping bisa dicap plagiat, tidak mantap alias tidak marem rasanya. Punya web atau blog, tapi hanya berisi tulisan-tulisan hasil karya orang lain. Jadinya seperti web tempat numpang pamer tulisan orang lain. Apalagi kalau domain dan hostingnya berbayar. Rugi dong!

Jadinya memang harus banyak berpikir, mencari ide, inspirasi, dan gagasan. Banyak mencari informasi, berita dan pengetahuan melalui browsing di internet, membaca buku, majalah, dan lain-lain, sebagai bahan referensi untuk menulis. Bagiku yang otaknya lumayan pas-pasan, yang berpikirnya berada di wilayah jalur padat merayap, tidak seperti punyanya Habibie, berpikir di wilayah jalur bebas hambatan, membuat content merupakan hal yang tidak mudah begitu saja. Apalagi dengan susahnya punya waktu untuk mencari, membaca dan mendalami berbagai informasi untuk dijadikan bahan tulisan. Yang benar-benar mudah hanyalah pada saat membuat bangunan web atau blognya, tapi untuk membuat web atau blog itu memiliki isi yang padat dan menarik …… wah harus banyak belajar, membaca dan menulis!

Yang juga cukup memusingkan adalah saat menentukan theme untuk web dan blog. Dengan cukup banyaknya variasi theme yang bisa dipakai dengan berbagai pilihan fitur dan format tampilan, butuh waktu cukup lama untuk memutuskan theme yang akan dipakai. Apalagi dengan masih terbatasnya pengetahuan tentang fungsi-fungsi fitur yang ada. Jadinya membaca-baca terlebih dahulu theme-theme yang ada (sebenarnya lebih tepat dibilang meraba-raba atau mengira-ngira, soalnya memang nggak budeng). Akhirnya setelah jauh malam menjelang dini hari, pilihan themepun akhirnya diputuskan dan dengan harapan semoga theme yang dipilih bisa compatible dengan fitur-fitur tambahan nantinya dan bisa dengan mudah disetting sesuka hati…..Bismillah…. Klik! …Save!.

Selanjutnya…. lancar? Ternyata tidak! Kesulitan ternyata masih muncul, bahkan dengan kadar yang lebih tinggi. Melihat bagaimana web dan blog yang lain diisi dengan fitur-fitur tambahan yang menarik. Nggak mutu rasanya kalau web tidak diisi fitur-fitur tambahan seperti blog-blog yang sudah malang melintang terlebih dahulu,  hanya berisi tulisan doang, alamat garing blog ini, hanya bikin malu  orang tua saja!  Kembali browsing sana sini mencari tahu cara memasang fitur-fitur yang cantik dan menarik supaya web kelihatan dinamis dan keren. Lagi-lagi tidak semudah membalik tangan. Karena pengetahuan yang terbatas dan padat merayapnya otak ini, maka yang terjadi adalah trial dan error. Tanpa guru dan instruktur, install sana, install sini, klik sana klik sini, mencoba memasang berbagai fitur tambahan.

Karena bukan web master, bukannya tampil cantik dan menarik, yang terjadi web jadi acak-acakan, semrawut alias acakadut.  Bahkan sempat blog tidak bisa tayang, hilang ditelan alam.  Fatal error dengan tulisan merah pula! Capek, lemas dan kesal campur aduk!  Kalau sudah begini, sepertinya komputer  ikut  pusing juga. Untunglah dikarunia rasa penasaran yang cukup tinggi. Tak ingin menyerah, tetap berlanjut dengan trial & error disertai bolak-balik browsing tutorial dari berbagai sumber, dan bolak-balik merombak settingan, dengan satu modal yaitu nekad! Biar rusak sekalian laptop uzur ini.  Sampai akhirnya…..lumayan, Kang! Semoga saja tidak jadi bikin malu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this post: Share this post with the world.
  • TimesURL
  • Gatorpeeps
  • Muti
  • Twitter
  • Posterous
  • Facebook
  • laaik.it

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] Zaazu Emoticons Zaazu.com